BREAKING NEWS

Kamis, 04 Oktober 2012

Begini Sejarah Teknik Mancing Popping Di Indonesia

Negeri kita Indonesia sudah terbiasa dengan beragam teknik memancing baik itu secara tradisional maupun modern. Mulai dari mancing dengan layang-layang, umpan bulu, mancing dasar, koncer, hingga dengan teknik mancing tonda / trolling. Nah untuk itu kali ini admin Sejarah Teknik Mancing Popping Di Indonesia.
Kapan teknik popping mulai digemari di indonesia ?


 Negeri kita Indonesia sudah terbiasa dengan beragam teknik memancing baik itu secara trad Begini Sejarah Teknik Mancing Popping Di Indonesia
Arti Popping
Didapat dari efek umpan tiruan yang di beri nama popper yang ditarik oleh pemancing dan berbunyi pop..pop..pop, karena suara itu makanya para pemancing menyebutnya dengan istilah popping. Umpan tiruan Popper dibuat dari materi dasar kayu. Cara menggunakannya dengan teknik kasting yaitu melempar umpan kemudian menariknya.

Sejarah Popping
Tidak ada yang tau persis semenjak kapan teknik mancing popping ini masuk di Indonesia. Walaupun banyak para angler yang kurang tahu awalnya popping mulai semarak di tanah air kita namun ada tiga orang pionir popping di Indonesia ini yaitu 1.Adhek Amerta Bali 2.Jhon Hambali dan 3.Munadi. Ketiga orang tersebut telah menekuni teknik mancing ini selama bertahun-tahun sebelum para angler lainnya mengerti bagaimana teknik mancing popping. Menurut salah satu master popping Adhek Amerta dari Bali teknik mancing popping itu berasal dari negara kangguru Australia namun di negeri asalnya itu tidak berkembang justru malah di negara Jepang teknik ini merebak pesat. Dari Jepang inilah mulainya berkembang beragam teknik popping disertai dengan alat-alatnya yang mendukung.
Nah dikarenakan banyaknya angler dari negeri matahari terbit tersebut yang datang memancing di Indonesia maka teknik inipun mulai di kenal di tanah air. “Saya memulai mancing teknik popping semenjak 16 tahun yang lalu. Perkenalan aku dengan teknik popping dikarenakan sering memandu pemancing dari Jepang di Bali,” menurut penuturan Adhek Amerta. Dari keseringannya memancing bersama orang Jepang itulah yang membuat Adhek Amerta semakin mencintai teknik ini. Oleh alasannya yaitu itulah yang membuat Adhek Amerta berkreasi menciptakan umpan popper dan kini poppernya terkenal di banyak sekali Negara.

Walaupun sudah menekuni teknik ini selama 16 tahun tapi pada kenyataannya teknik ini idak berkembang pesat di indonesia. Sekitar tahun 2001 hingga 2003 para angler yang tergabung dalam mailinglist mancing I di internet mulai mendiskusikan teknik mancing popping ini. Mulai hebohnya teknik ini sekitar tahun 2003. Merebaknya teknik popping membawa berkah tersendiri bagi toko-toko pancing, kondisi perkembangan teknik ini semakin hari semakin ramai. Banyak pemancing dari Jakarta mulai mencoba teknik popping, trip mancing ke Binuangeun kini sering dijadikan ajang uji coba para angler Jakarta untuk berpopping ria. Banyak dongeng keberhasilan para angler menaklukkan ikan kuwe gerong ( GT ), karenanya mulai banyak para pemancing yang mencoba mencari ikan lain selain GT menyerupai tuna dan ikan predator lainnya.
Cerita puncak teknik popping menjadi sentra perhatian yaitu ketika turnamen mancing Berkah III yang berlangsung pada tanggal 19 hingga 20 Maret 2005, karena ketika turnamen itu ramai tim yang mancing menggunakan teknik mancing dasar dan trolling ( tonda )  namun tidak mendapat banyak ikan besar.
Justru ketika tim fishyforum.com dan tim Mata Elang pada ketika itu menggunakan teknik popping hasilnya luarbiasa, ikan kuwe gerong berukuran besar banyak terpancing. Joss Utoro dari tim fishyforum.com mendapat ikan kuwe gerong (GT) seberat 21,65 kg berhasil menduduki posisi juara pertama sedangkan tim Mata Elang di posisi kedua dengan tim pemancing Wing menerima ikan kuwe gerong seberat 21,25 kg.
Nah dari hasil turnamen itulah teknik mancing popping di kalangan angler semakin dikenal, semenjak ketika itu popping semakin terkenal di kalangan para angler mania.Tumbuhnya teknik mancing popping ini paling tidak telah menghapus pandangan minus terhadap para pemancing bila acara mancing ikan itu hanyalah acara malas tapi justru sebaliknya memancing dengan teknik popping sarat dengan unsur olahraga.

Sekian pembahasan artikel Sejarah Teknik Mancing Popping Di Indonesia ini agar menjadi manfaat buat rekan rekan angler sekalian  sampai jumpa kembali di artikel berikutnya, salam.

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2013 Blog Mancing
Shared by Toko pancing Powered byBlogger